Plastik








Plastik merupakan senyawa sintesis dari minyak bumi (terutama hidrokarbon rantai pendek) yang dibuat dengan polimerasi molekul-molekul kecil (monomer) yang sama, sehingga membentuk rantai panjang dan kaku dan akan menjadi padat setelah temperatur pembentukannya. Plastik merupakan senyawa polimer yang penamaannya disesuaikan dengan nama monomernya dengan diberi awalan poli-. Sebagai contoh, plastik yang terbentuk dari monomer-monomer propena dinamakan polipropilena.

Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dan dapat mentoleransi adanya panas, keras, dan lain-lain. Kemampuan adaptasi plastik, ditambah dengan komposisinya yang umum dan beratnya yang ringan membuat plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri. Saat ini, penggunaan plastik menjadi sangat umum dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari kita dapat menggunakan plastik, bahkan dapat dikatakan sebagian besar peralatan yang kita gunakan terbuat dari plastik. Plastik dinilai praktis dan murah sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Namun, dibalik manfaatnya, ternyata plastik juga mengandung bahaya. Pengunaan plastik yang sembarangan dapat melepaskan senyawa karsinogenik yang menjadi penyebab dan pemicu kanker. Selain itu, plastik memiliki ikatan karbon rantai panjang dan tingkat ketabilan yang tinggi. Hal ini membuat sampah plastik sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Sampah plastik yang dikubur dapat bertahan selama bertahun-tahun sehingga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Sedangkan sampah plastik yang dibakar akan menghasilkan senyawa gas yang jika terhirup dapat mengakibatkan gangguan pernapasan dan bisa berakibat pada kematian.

Umumnya, belum banyak dari kita yang mengetahui bahaya dari penggunaan plastik dan sampah yang dihasilkannya ini. Jika dibiarkan, akan semakin banyak kerugian yang terjadi. Meningkatnya kasus kanker dan infeki pernapasan serta terganggunya keseimbangan alam menjadi sedikit dari masalah yang dapat terjadi.

Karena itu, dibutuhkan kemauan tinggi dari kita untuk mengetahui lebih jauh mengenai plastik dan bahayanya serta kepedulian untuk mengubah lingkungan menjadi lebih baik. Semoga sedikit informasi di sini dapat membantu mengubah pandangan dan sikap kita terhadap lingkungan khususnya yang berkaitan dengan plastik.

sumber:

Rahma Wardani, Bahaya Penggunaan Plastik

www.plastic.web.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar