Analisis PSA


Latar Belakang
Saat ini diperkirakan terdapat 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik dikonsumsi diseluruh dunia setiap tahunnya. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuat plastik itu sendiri, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Yang menjadi permasalahan adalah bahwa plastik membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna.

Akibat dari hal itu adalah pencemaran pada lingkungan yang nantinya akan berdampak pada pemanasan global. Namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang hal ini, atau bahkan ada orang yang mengetahuinya tapi seakan mereka tidak peduli akan hal tersebut. Untuk itu perlu dilakukan suatu hal agar masyarakat dunia sadar akan bahaya plastik dan bersama-sama berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik.

National Geographic Channel sebagai salah satu pihak yang peduli terhadap dampak dan bahaya plastik melakukan serangkaian intervensi guna mengurangi penggunaan plastik. Salah satu hal yang dilakukan adalah penyebaran pesan melalui saluran komunikasi massa, dalam hal ini Public Service Announcement (PSA) atau Iklan Layanan Masyarakat. Dengan memasang iklan layanan masyarakat ini pada jam-jam efektif, diharapkan masyarakat dapat melihatnya terutama kaum muda.



Tujuan
Pembuatan iklan layanan masyarakat mengenai penggunaan plastik di masa depan dilakukan oleh National Geographic Channel. Iklan ini disesuaikan dengan target audiens dan mengutamakan efisiensi dan efektifitas dari penyampaian media komunikasi. Disini keterlibatan peran masyarakat Hong Kong khususnya kaum muda dilakukan sehingga dapat mengajak masyarakat kaum muda lainnya. Adapun iklan yang dibuat yaitu:




Pembahasan

Pemeran

Iklan ini dibuat oleh National Geographic Channel, mengambil baseline data mengenai plastik berdasarkan data yang berasal dari Negara Hongkong dan diperankan oleh 4 orang Hongkong yang terdiri dari 2 pria dan 2 wanita dewasa muda. Keempat orang tersebut berumur sekitar 20 tahun.

Pemilihan pemeran dengan kisaran umur tersebut, dimaksudkan pasaran dari iklan tersebut adalah remaja dengan kisaran umur yang sama. Remaja dengan pikiran-pikirannya yang masih hijau diharapkan dapat melakukan perubahan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Merekalah yang diharapkan menjadi model yang mengetengahkan tren untuk mengajak muda-mudi lainnya untuk turut berkontribusi dalam upaya reduce using plastic bag.

Setting Lokasi

Adegan dalam iklan mengambil tempat di sebuah studio dengan tampilan latar digital yang dapat berubah-ubah menggunakan teknologi yang saat ini sudah semakin canggih. Background atau latar menggunakan gambar-gambar seperti panah, tas-tas plastik, rumus ikatan kimia plastik, tumpukan sampah plastik yang menggunung, simbol recycle, dan terdapat angka yang menunjukkan jumlah sampah plastik yang saat ini berada di lingkungan. Tampilan latar digital yang berada pada konteks kekinian tersebut tidak mengurangi maksud daripada pembuatan iklan ini yakni menarik kawula muda untuk sama-sama mengkampanyekan tidak menggunakan tas plastik melainkan menggunakan tas belanja sendiri yang dapat digunakan berulang-ulang.

Gaya penyampaian pesan

Pesan yang disampaikan melalui iklan ini adalah untuk mengganti gaya hidup menggunakan tas plastik dengan tas milik sendiri dan berbahan kain yang dapat awet digunakan kemanapun dan dimanapun. Sebelumnya dijelaskan pula mengenai angka-angka yang menunjukkan banyaknya tas plastik yang dibuang setiap tahunnya di Hongkong. Padahal plastik sangat sulit untuk terdegradasi atau terurai. Dengan tas milik sendiri dan berbahan kain dapat lebih bergaya. Selain itu, keuntungan lain adalah dapat menyelamatkan lingkungan dengan menekan jumlah sampah plastik yang setiap hari selalu bertambah.

Pesan disampaikan dengan menggunakan bahasa inggris dan mengandung banyak informasi dari setiap kalimat yang diucapkan. Pesan disampaikan dengan cepat dan sistematis. Bobot informasi yang disampaikan tidak terlalu berat dan sesuai dengan target audiens yang menjadi sasaran dari iklan tersebut yaitu remaja. Gaya penyampaian pesan sangat disesuaikan dengan kalangan remaja dan mudah untuk diterima, ringan namun syarat makna. Menggunakan kalimat-kalimat persuasif yang mengajak pendengar atau penonton yang melihat tayangan tersebut untuk tergerak menjadi bagian dari pengurangan penggunaan plastic dan beralih menggunakan tas belanja non-plastik yang ramah lingkungan. Di akhir pesannya adalah
What you do counts yang berarti apa yang kamu lakukan itu diperhitungkan, yakni membawa tas belanja sendiri.



Analisa target audiens
Jika dilihat dari pemeran utama iklan yang diperankan oleh dua orang pria dan dua orang wanita, iklan ini cocok ditujukan bagi semua jenis kelamin, baik kaum hawa maupun adam. Iklan ini memilih remaja atau kaum muda sebagai target utamanya dengan kisaran umur mulai dari remaja (di atas 15 tahun) hingga dewasa muda (di bawah 25 tahun).

Dilihat dari setting lokasinya yang bertempat di studio dengan menggunakan lay out digital sebagai latar, memperjelas bahwa target utama dari iklan ini adalah remaja sampai dewasa muda, terutama mereka yang tinggal didaerah perkotaan dengan gaya hidup modern. Selain itu iklan ini menampilkan pria dan wanita remaja dengan gaya pakaian santai yang menggambarkan remaja pria dan wanita perkotaan sehingga cocok ditujukan untuk remaja perkotaan seperti pelajar dan mahasiswa. Iklan ini juga menampilkan pria dan wanita dewasa muda dengan gaya pakaian yang modis sehingga cocok ditujukan pada pria dan wanita perkotaan seperti karyawan, karyawati, pengusaha muda, wanita karir, dll.

Hadirnya properti kantong plastik dan tas belanja dalam iklan, iklan ini lebih spesifik mengajak kepada pria dan wanita remaja hingga dewasa muda perkotaan yang sering menggunakan kantong plastik sebagai kantong belanja, agar ikut serta dalam program minimalisasi penggunaan kantong plastik yaitu dengan membawa tas belanjanya sendiri.


Target program televisi
Berdasarkan analisa target audiens iklan di atas, target program televisi yang akan menjadi tempat penayangan iklan haruslah acara yang digemari oleh pria dan wanita remaja hingga dewasa awal yang tinggal didaerah perkotaan. Acara TV untuk pria dan wanita dewasa muda perkotaan contohnya seperti film, infotainment, reality show. Sedangkan acara TV untuk pria dan wanita remaja perkotaan contohnya adalah program-program musik, FTV, ajang pencarian bakat, dll.


Budgeting Iklan Klik Sini!

http://www.4shared.com/document/TiukdGK8/tugas_budgeting_nuplastika.html


2 komentar:

Nanda A. Rumana mengatakan...

iklannya bagus,,,bisa nyadarin kita..^_^

NuPlastika mengatakan...

Terima kasih. All credit goes to National Geographic Channel =] Semoga bentuk penyadaran dapat ditindaklanjuti dengan merealisasikannya.

Posting Komentar