Bagaimana Kalau Kita Kurangi Sampah Plastik?


Hmmm… saya yakin sudah banyak upaya dari temen-temen untuk membuat lingkungan kita ini lebih enak untuk ditinggali, lebih lebih nyaman untuk melakukan kegiatan sehari-hari, serta lebih sedap dipandang mata. Diantaranya mungkin dengan membersihkan lingkungan sekitar secara individu atau bergotong royong.

Tulisan ini sifatnya hanya untuk kembali mengingatkan tentang fenomena plastik di sekeliling kita. Coba kita perhatikan di setiap Tempat Sampah atau TPA, pemandangan apa yang paling sering kita lihat disana…?



Yak! pasti paling banyak yang menghiasi tempat sampah atau TPA itu adalah Plastik! Entah itu plastik kemasan makanan, minuman, pakaian, kantong plastik (kresek) dan lain-lain.
Sebagai pengingat saja, bahwa sampah plastik itu membutuhkan waktu sekitar 500 tahun untuk dapat diurai secara alami, dan 80% dari sampah yang kita buat itu bisa dipastikan akan menjadi limbah, sementara berapa banyak konsumsi plastik dan atau sampah plastik yang kita hasilkan dalam sehari? seminggu? sebulan? setahun?

Mudah-mudahan dari tulisan sederhana ini, kita semua dapat menyelamatkan lingkungan kita yang nantinya akan ditinggali juga oleh anak-cucu kita dengan mengurangi penggunaan plastik, mungkin diantaranya :
 Menggunakan tas / kantong belanja yang bisa digunakan ulang.
 Pas belanja ke warung, kalau memang barangnya bisa dikantongin di saku celana/jaket, jangan minta kantong plastik.
 Gunakan tempat minum sendiri yang bisa diisi ulang, ketimbang beli minuman botol yang sekali pakai.
 Memanfaatkan kaleng / ember plastik yang udah ngga kepake buat pot atau yang lainnya.
 Tidak membuang sampah plastik disembarang tempat. (lebih baik dikantongin dulu kalo belum nemu tempat yang pas buat buang sampah)
Ya! mungkin itu dulu, mudah-mudahan langkah kecil yang nyata lebih berharga jika kita lakukan bersama-sama…

sumber: www.deblogger.org
sumber gambar: www.adwaitp.files.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar