Tips Mengurangi Sampah Plastik Saat Belanja

Bila bicara sampah, maka sampah plastik menjadi sorotan yang tajam di kalangan peduli lingkungan. Banyak orang yang sudah mendiskusikan tentang pentingnya mengurangi pengunaan kantong plastik, tapi belum banyak yang sudah benar-benar berhenti atau mengurangi pemakaian kantong kresek saat belanja?

Kenapa kita harus mengurangi penggunaan kantung plastik? Alasannya sampah plastik sangat sulit terurai dibutuhkan 50 sampai 100 tahun untuk bisa menguraikan bahan plastik, selain itu plastik juga menghambat daya serap air dalam tanah.



Tiap tahun ada jutaan kantong plastik kresek di buang setelah hanya di pakai satu kali setelah itu plastik menjadi sampah yang di buang atau di bakar.
Berikut ini ada beberapa tips untuk kita bisa mengurangi sampah plastik dalam keseharian kita
 Simpan tas belanja di dalam tas (ransel) atau kendaraan. Biar kita tidak menggunakan kresek sekali pakai, simpan tas belanja tersebut di bawah kursi sepeda motor, di dalam mobil, atau di tas ransel, agar di saat berbelanja dapat menggunakan tas milik sendiri.
 Beli tas yang mudah dilipat dan dibawa ke mana-mana, misalnya tas Bagoes (cara pesan). Tas Bagoes dilengkapi dengan gantungan kunci, untuk membawa kunci rumah atau mobil.
 Bawa kantong plastik yang bisa dipakai ulang untuk sayuran dan buah.Kemasan Ziploc misalnya yang bisa dipakai ulang, dan karyawan di pasar swalayan tidak keberatan kalau kita membawa kemasan sendiri bahkan bisa jadi topik diskusi di kalangan mereka Tas Ziploc tersebut bisa dibeli dimana saja.
 Ingatkan kasir bahwa kamu tidak perlu kantong kresek. Biasanya kasir di swalayan secara otomatis memasukkan belanjaan si pembeli ke dalam kantong kresek. Saat akan membayar, katakan kalau kita tidak membutuhkan kantong plastik, sambil menunjukkan tas belanja yang sudah kita bawa.
 Jelaskan pada kasir alasan kamu membawa tas sendiri. Masih banyak orang yang tidak mengerti kenapa kita harus mengindari pakai kemasan plastik yang hanya dipakai satu kali. Kalau mereka paham alasannya, biasanya mereka akan mendukung upaya seperti ini, apalagi kalau kita sering belanja di pasar swalayan mereka.

sumber: www.greenlifestyle.or.id
sumber gambar: www.idealsmatter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar