Tips Merawat Wadah Plastik


Selain harganya relatif murah, wadah plastik juga tak mudah pecah. Bisa untuk menyimpan bumbu dapur, sayuran, atau makanan untuk bekal.

Namun, di balik manfaatnya yang besar, wadah plastik juga ternyata memiliki kelemahan, lho. Terkadang, wadah plastik yang sudah dipakai untuk menyimpan masakan berbumbu, akan meninggalkan aroma atau warna bumbu dari kunyit atau cabai. Nah, agar wadah plastik tetap awet, tidak berbau atau bernoda, ada tips untuk merawatnya.

1. NODA. Jika wadah plastik bernoda, cukup rendam di dalam 1 baskom air hangat yang sudah dicampur 1 gelas pemutih, selama 20 menit. Lalu, cuci hingga bersih dengan sabun pencuci piring dan dibasuh air hangat.


2. WARNA. Aneka perabot plastik berwarna seperti mangkuk, gelas, atau piring lama kelamaan biasanya akan pudar warnanya jika sering dicuci. Agar warna plastik tetap cerah dan awet, oleskan minyak kelapa dengan menggunakan kapas ke seluruh permukaan perabot plastik. Lalu, cuci dengan sabun pencuci piring seperti biasa.

3. BAU. Untuk menghilangkan bau makanan pada wadah plastik, taruh saja wadah plastik di dalam freezer atau jemur di bawah terik matahari selama beberapa jam. Cara lainnya, tetesi wadah plastik dengan air perasan jeruk lemon, lalu tutup dan diamkan beberapa lama hingga baunya hilang.

4. KORAN BASAH. Menghilangkan bau pada wadah plastik juga bisa dengan menaruh sobekan koran yang sudah dibasahi. Tutup rapat wadah, simpan di dalam lemari es (freezer). Bau tadi akan terserap koran basah. Esoknya, cuci bersih wadah plastik.

sumber: http://female.kompas.com/read/xml/2008/08/25/15410212/tips.merawat.wadah.plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar